Tugas Modul 3.1.a.6 Refleksi Terbimbing Pengambilan Keputusan
Tugas Modul 3.1.a.6.Refleksi Terbimbing
Minawati, SE,M.Pd.
CGP Angkatan 4
Kabupaten Aceh Besar
Pertanyaan
pemantik untuk sesi pembelajaran ini:
Menurut Anda, apakah maksud
dari kutipan ini jika dihubungkan dengan proses pembelajaran yang telah Anda
alami di modul ini? Jelaskan pendapat Anda.
Education
is the art of making man ethical.
Pendidikan
adalah sebuah seni untuk membuat manusia menjadi berperilaku etis.
~ Georg Wilhelm Friedrich Hegel ~
Panduan
Refleksi Terbimbing
Pada hari dan waktu yang
ditentukan, Anda akan melakukan refleksi dari perjalanan belajar Anda di modul
ini. Refleksi dilakukan secara mandiri pada LMS. Fasilitator akan memberikan
tanggapan terhadap refleksi masing-masing. Refleksi tersebut meliputi
pengetahuan baru, keterampilan baru, wawasan baru, kesadaran baru yang Anda
dapatkan dari proses pembelajaran di kelas, latihan membuat keputusan, kegiatan
berbagi/sharing, diskusi kelompok, dan lain-lain.
Pertanyaan-pertanyaan
berikut merupakan panduan yang digunakan dalam sesi refleksi.
Dari tujuh pertanyaan yang
ada, pilihlah minimal empat pertanyaan sebagai bahan refleksi Anda.
1. Bagaimana/sejauh
mana pemahaman Anda tentang konsep-konsep yang telah Anda pelajari di modul
ini, yaitu: dilema etika dan bujukan moral, 4 paradigma pengambilan keputusan,
3 prinsip pengambilan keputusan, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian
keputusan. Adakah hal-hal yang menurut Anda di luar dugaan?
2. Tuliskan
pengalaman Anda dalam menggunakan ketiga materi tersebut dalam proses Anda
mengambil keputusan dalam situasi dilema etika yang Anda hadapi selama
ini. Anda dapat juga menulis tentang sebuah situasi dilema etika yang
dihadapi oleh orang lain serta keputusan yang diambil. Berilah ulasan berdasarkan
3 materi yang telah Anda pelajari di modul ini.
3. Sebelum
mempelajari modul ini, pernahkah Anda menerapkan pengambilan keputusan sebagai
pemimpin pembelajaran dalam situasi moral dilema? Kalau pernah, apa bedanya
dengan apa yang Anda pelajari di modul ini?
4. Bagaimana
dampak mempelajari materi ini buat Anda, perubahan apa yang terjadi pada
cara Anda dalam mengambil keputusan sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran
modul ini?
5. Seberapa
penting mempelajari topik modul ini bagi Anda sebagai seorang individu dan Anda
sebagai seorang pemimpin pembelajaran?
6. Apa
yang Anda bisa lakukan untuk membuat dampak/perbedaan di lingkungan Anda
setelah Anda mempelajari modul ini?
7. Selain
konsep-konsep tersebut, adakah hal-hal lain yang menurut Anda penting untuk
dipelajari dalam proses pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran?
Jawabannya adalah:
Pertanyaan 1 : Bagaimana/sejauh mana
pemahaman Anda tentang konsep-konsep yang telah Anda pelajari di modul ini,
yaitu: dilema etika dan bujukan moral, 4 paradigma pengambilan keputusan, 3
prinsip pengambilan keputusan, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian
keputusan. Adakah hal-hal yang menurut Anda di luar dugaan?
Jawaban:
Dari yang telah saya pelajari pada modul
3.1 ini tentang dilema etika adalah merupakan
sebuah situasi yang terjadi ketika seseorang harus memilih antara dua pilihan
dimana kedua pilihan secara moral benar tetapi bertentangan/ berbenturan,Sedangkan, bujukan moral
merupakan sebuah situasi yang terjadi ketika seseorang harus membuat keputusan
antara benar atau salah.
Lalu selaku sebagai seorang guru, kita mungkin
pernah mengalami situasi dilema etika. Saat hal itu terjadi, ada nilai-nilai
kebajikan mendasari yang bertentangan seperti:
-cinta dan kasih sayang
-kebenaran
-keadilan
- kebebasan
-persatuan
-toleransi
-tanggung jawab dan
-penghargaan akan hidup yang disebut sebagai paradigma dalam pengambilan
keputusan.
Dengan demikian Secara
umum paradigma yang terjadi pada situasi dilema etika ada 4 seperti di bawah
ini:
1. Individu lawan masyarakat (individual vs
community)
2. Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs
mercy)
3. Kebenaran lawan kesetiaan (truth vs loyalty)
4. Jangka pendek lawan jangka panjang (short term
vs long term)
Prinsip pengambilan keputusan ada tiga, yaitu
v
Berpikir Berbasis Hasil
Akhir (Ends-Based Thinking) ditentukan dengan konsekuensi atau hasil dari suatu
tindakan.
v
Berpikir Berbasis
Peraturan (Rule-Based Thinking) menentukan keputusan berdasarkan peraturan yang
telah dibuat
v
Berpikir Berbasis Rasa
Peduli (Care-Based Thinking) prinsipnya “Lakukan kepada orang lain seperti yang
Anda ingin mereka lakukan kepada Anda." Dengan kepedulian terhadap sesama
kita akan menjadi lebih peka dan bersimpati.
Adapun Sembilan
langkah pengujian dan pengambilan keputusan
1. Mengenali bahwa ada nilai-nilai yang saling
bertentangan dalam situasi ini.
2. Menentukan siapa yang terlibat dalam situasi
ini.
3. Kumpulkan fakta-fakta yang relevan dengan
situasi ini.
4. Pengujian benar atau salah, yang meliputi uji
legal, uji regulasi, uji intuisi, uji halaman depan Koran, uji panutan/idola.
5. Pengujian paradigma benar lawan benar
6. Melakukan prinsip resolusi
7. Investigasi opsi trilema
8. Buat keputusan
9. Lihat lagi keputusan dan refleksikan
Hal-hal yang menurut saya di luar dugaan adalah
keputusan tersebut diambil dari sudut pandang siapa tokoh yang mengambil
keputusan dalam permasalahan yang terjadi.
Pertanyaan 2:
Sebelum mempelajari modul
ini, pernahkah Anda menerapkan pengambilan keputusan sebagai pemimpin
pembelajaran dalam situasi moral dilema? Kalau pernah, apa bedanya dengan apa
yang Anda pelajari di modul ini?
Jawaban:
Sebelum saya mempelajari modul ini, saya sebagai guru setelah
sekian lama mengajar di
sekolah saat ini, belum begitu memahami Langkah langkah /prosedur dalam upaya penyelesaian suatu masalah.
Akan tetapi setelah mempelajari modul ini cakrawala berfikir dan wawasan saya bertambah bahwa dalam setiap
pengambilan keputusan tidak boleh otoriter, harus berusaha adil dan bijaksana
dan memperhatikan/memahami situasi yang dihadapi pada saat itu.
Dalam modul ini, saya juga memahami 9 langkah
yang bisa diterapkan sebagai bahan pertimbangan dalam pengujian dan pengambilan
keputusan .
Sembilan langkah pengujian dan pengambilan
keputusan tersebut yaitu :
1. Mengenali bahwa ada nilai-nilai yang saling
bertentangan dalam situasi ini.
2. Menentukan siapa yang terlibat dalam situasi
ini.
3. Kumpulkan fakta-fakta yang relevan dengan
situasi ini.
4. Pengujian benar atau salah, yang meliputi uji
legal, uji regulasi, uji intuisi, uji halaman depan koran, uji panutan/idola.
5. Pengujian paradigma benar lawan benar
6. Melakukan prinsip resolusi
7. Investigasi opsi trilema
8. Buat keputusan
9. Lihat lagi keputusan dan refleksikan
Selain itu, melalui
video conference yang saya ikuti saya
bisa memahami bahwa pengambilan keputusan dalam dilema etika dilakukan dengan
menimbang langkah yang paling banyak mengandung nilai kebaikan bersama serta
membawa manfaat .
pertanyaan 3:
Bagaimana dampak
mempelajari materi ini buat Anda, perubahan apa yang terjadi pada cara
Anda dalam mengambil keputusan sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran modul
ini?
Jawaban:
Setelah saya
mempelajari materi ini maka saya merasakan dampak bagi saya adalah, dapat
menanbah wawasan pengetahuan serta pola
pikir dalam menghadapi situasi dilema etika sekaligus bujukan moral. Perubahan
cara pengambilan keputusan yaitu lebih bisa memprediksi efek yang ditimbulkan
dalam sebuah keputusan.
Pertanyaan 4 :
Seberapa penting mempelajari topik modul ini
bagi Anda sebagai seorang individu dan Anda sebagai seorang pemimpin
pembelajaran?
Jawaban:
Bagi saya sangat penting. Sebab di sekolah tempat saya bekerja saat ini,
dimana tanpa diduga sering terjadi permasalahan yang terjadi dilingkungan
sekolah ,Tentunya, dengan mempelajari modul ini saya berharap saya bisa lebih
lapang dada, sabar, tidak gegabah ,dewasa dan bijaksana dalam menghadapi
berbagai situasi dan permasalahan saya
hadapi yang mengandung dilema etika maupun bujukan moral.
Comments
Post a Comment