Tugas
Modul 3.3.a.10 AKSI NYATA
PENGELOLAAN
PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID
Nama
Program :
Menumbuhkan kepedulian siswa terhadap lingkungan melalui
gerakan KOKEDAMA (Kolaborasi,
Kreativitas dari Murid Andalan)
Latar Belakang
1.Pemanfaatan dari
asset lingkungan (Salah satu aset kearifan lokal sabut Kelapa) dan tanaman yang
begitu beragam dan melimpah
2. Pemanfaatan bahan
alami (sabut kelapa dan tanaman) untuk menghias rumah dan sekolah
3. Menumbuhkan kepedulian kepada siswa terhadap lingkungan.
4.Untuk memperindah
sekolah dengan berbagai hasil karya dan
tanaman
Materi pelajaran yang
disisipkan dalam program ini:
1.SBdP : Prakarya dan
kerajinan tangan
2. IPA: Budidaya
tanaman dan lingkungan sehat, asri dan nyaman
3. IPS : menumbuhkan
jiwa enterperuneur pada siswa.
6 Aspek Perkembangan
Yang dapat dikembangkan:
1.
Nilai Agama dan Moral 4. Bahasa
2.
Fisik Motorik 5. Seni Budaya
3.
Kognitif 6. Sosial
Emosional
Tujuan
Tujuan program adalah
untuk menumbuhkan rasa kepedulian siswa terhadap pemanfaatan asset lingkungan (
Hasil asset kearifan lokal seperti sabut kelapa dan berbagai keragaman
tanamansehingga hal ini dapat menumbuhkan sikap memiliki,bertanggung jawab,
menghargai, kepedulian, jujur, kreatif dan inovatif dan yang paling utama
menumbuhkan rasa kepemimpinan pada siswa baik untuk memimpin diri sendiri
maupun orang disekitarnya.
Tolak Ukur
Berdasarkan 7 modal
asset utama yaitu modal manusia, modal sosial, modal finansial, modal fisik,
modal lingkungan/alam, modal agama dan budaya.dan modal politik
Linimasa Tindakan
Perencanaan program
menggunakan tahapan BAGJA (Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi,
Jabarkan rencana, dan Atur eksekusi)
Buat pertanyaan
1.Bagaimana menumbuhkan kepedulian murid terhadap lingkungan?
2. Bagaimana supaya bahan alami dari alam dapat dimanfaatkan dan
dapat dayaguna baik nilai seni maupun daya jual.sehingga dapat menumbuhkan jiwa
enterpeneur pada murid.
Ambil Pelajaran
1. Adanya pemanfaatan bahan alami dari lingkungan
alam bisa memberikan damapak yang baik
2. Tersedia lahan dan hasil alam yang dapat
dimanfaatkan.
3. Banyak jenis tanaman yang dapat dibudidayakan.
Gali mimpi
1. Murid lebih peduli terhadap lingkungan
2.
Murid menjadikan lebih
kreatif dan inovatif.
Jabarkan Rencana
1.
Merencanakan program
kegiatan
2.
Berkoordinasi dengan
kepala sekolah
3.
Mensosialisasikan
kepada rekan sejawat, murid, komite dan
wali murid
4.
Membentuk panitia
5.
Melaksanakan program
sesuai agenda
6.
Melakukan MELR
(monitoring, evalauasi, learning dan reporting)
Atur Eksekusi
1.
Kepala sekolah sebagai
penanggung jawab kegiatan
2.
Dewan guru selaku
pengawas kegiatan
3.
Ketua kelas selaku
penanggung jawab kegiatan pada kelas masing masing
4.
Diadakan kegiatan
gelar hasil karya (pameran) dilingkungan sekolah.
Tahapan Komponen 4F
A. PERISTIWA (FACT)
Peduli terhadap lingkungan merupakan upaya
perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, untuk mengatasi permasalahan
lingkungan hidup. Menanamkan kesadaran dan kepedulian lingkungan sebagai dasar
manusia dalam berfikir dan bertindak. Peduli li ngkungan merupakan salah satu
nilai karakter yang diharapkan terbentuk dari siswa dalam proses pendidikan
untuk mengembangkan ketrampilan sikap serta motivasi manusia untuk mengerti
serta memahami saling mengahargai, berhubungan antar sesama dan dengan
lingkungannya. Sebab Lingkungan banyak memebri manfaat bagi sekitarnya apabila
sumber daya manusia dapat memanfaatkan lingkungan alamdengan baik dan
bijaksana, tentunya diiringi dengan pengetahuan dan ketrampilan yang memadai
dan sikap untuk terus mencintai lingkungan dengan penuh rasa tanggung jawab.
Yang dilakukan pada aksi nyata berikut alasan
mengapa melaksanakan aksi nyata?
Aksi
nyata pengelolaan program yang berdampak pada murid di maksudkan untuk
mewujudkan kepemimpinan murid, program ini di lakukan dengan harapan
siswa siswi bisa menumbuhkan sikap Kreatif, inovatif, jujur, bertanggung jawab,
dalam dirinya, berani tampil dan mengekspresikan dirinya dan menghargai seni
dan budaya dan bisa mengembangkan
potensi atau bakat yang di milikinya.
- Hasil
Aksi Nyata yang di lakukan
Dengan
terlaksananya program ini , maka program ini pada dasarnya di rancang
untuk menjadi wadah berkreativitas dan berinovasi bagi siswa siswi menumbuhkan
keberanian untuk tampil dan juga mengedukasi siswa akan penitingnya Sikap
kepedulian terhadap lingkungan. Siswa-siswi perlu di perkenalkan betapa
pentingnya kegiatan literasi yang dilakukan sehingga sebagai generasi muda
penerus bangsa akan selalu menjunjung budaya yang mampu melestarikan budaya
membaca. Di perlukan sebuah pembiasaan yang menjadi sebuah budaya. Dengan pelaksanan
kegiatan yang rutin dan berkelajutan dari program ini maka dampak pada
murid dalam hal meningkatkan minat dan bakat serta jiwa kepemimpinan dan juga
kepedulian akan akan membuahkan hasil.
B.PERASAAN (FEELING)
Perasaan
saat program ini terlaksana perasaan bahagia dan juga optimis dengan pencapaian
program dengan pencapaian program yang sudah berjalan, terlaksananya program
ini tidak terlepas dari kolaborasi semua pemangku kepentingan terutama siswa
yang sangat antusias terlibat dalam program ini ,guru piket dan wali kelas yang
mengkoordinir kegiatan. Saya pun bertambah antusias terlibat dalam program
KOKEDAMA ini baik dari murid dan seluruh pemangku kepentingan di sekolah.
Dengan respon yang baik dari warga sekolah terutama murid membuat saya ingin terus
terlibat
C.PEMBELAJARAN ( FINDING) YANG DI DAPAT DARI
PELAKSANAAN AKSI NYATA.
Pembelajaran
yang di dapatkan dari aksi nyata adalah terwujudnya kepemimpinan murid dalam
Kepedulian terhadap lingkungan untuk peningkatan minat bakat serta jiwa
kepemimpinan, terwujudnya karakter siswa yang memiliki pengetahuan dari
sumber – sumber informasi yang diperoleh dan menjadi siswa yang berani tampil
dan mengekspresikan bakat, minat serta kreativitas maupun potensinya pada
akhirnya besar harapan saya bahwa program ini akan bisa mewujudkan profil
pelajar pancasila.
D. PENERPAN KEDEPAN (FUTURE) RENCANA PERBAIKAN UNTUK PELKASANAAN
DI MASA DEPAN
Recana
perbaikan ke depan yaitu lebih mengaktifkan kembali kegiatan
intrakurikuler di lingkungan sekolah untuk memberikan bimbingan dan menjadi
wadah pengembangan minat dan bakat serta kreativitas anak selain itu kedepannya
perlu pemberian apresiasi berupa reward kepada siswa yang
memiliki prestasi akademik sebagai bentuk dukungan untuk menambah semangat anak
menampilkan kreatifitas dalam wujud Hsil karya. Selain itu perlu peningkatan kolaborasi guru
,siswa dalam hal kegiatan Program KOKEDAMA ini siswa butuh pendampingan dan
bimbingan dari guru dan wali kelas pada
saat melakukan kegiatan agar program dapat berjalan sesuai apa yang kita
inginkan.
Dokumentasi
Comments
Post a Comment