Tugas Modul 3.3.a.10 AKSI NYATA

PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

Nama Program :

Menumbuhkan kepedulian siswa terhadap lingkungan melalui gerakan  KOKEDAMA (Kolaborasi, Kreativitas dari Murid Andalan)

Latar Belakang

1.Pemanfaatan dari asset lingkungan (Salah satu aset kearifan lokal sabut Kelapa) dan tanaman yang begitu beragam dan melimpah

2. Pemanfaatan bahan alami (sabut kelapa dan tanaman) untuk menghias rumah dan sekolah

3. Menumbuhkan  kepedulian kepada siswa terhadap lingkungan.

4.Untuk memperindah sekolah dengan berbagai hasil karya  dan tanaman

 

Materi pelajaran yang disisipkan dalam program ini:

1.SBdP : Prakarya dan kerajinan tangan

2. IPA: Budidaya tanaman dan lingkungan sehat, asri dan nyaman

3. IPS : menumbuhkan jiwa enterperuneur pada siswa.

 

6 Aspek Perkembangan Yang dapat dikembangkan:

1.      Nilai Agama dan Moral          4. Bahasa

2.      Fisik Motorik                          5. Seni Budaya

3.      Kognitif                                  6. Sosial Emosional

 

Tujuan

Tujuan program adalah untuk menumbuhkan rasa kepedulian siswa terhadap pemanfaatan asset lingkungan ( Hasil asset kearifan lokal seperti sabut kelapa dan berbagai keragaman tanamansehingga hal ini dapat menumbuhkan sikap memiliki,bertanggung jawab, menghargai, kepedulian, jujur, kreatif dan inovatif dan yang paling utama menumbuhkan rasa kepemimpinan pada siswa baik untuk memimpin diri sendiri maupun orang disekitarnya.

 

Tolak Ukur

Berdasarkan 7 modal asset utama yaitu modal manusia, modal sosial, modal finansial, modal fisik, modal lingkungan/alam, modal agama dan budaya.dan modal politik

 

Linimasa Tindakan

Perencanaan program menggunakan tahapan BAGJA (Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana, dan Atur eksekusi)


Buat pertanyaan

1.Bagaimana menumbuhkan kepedulian murid terhadap lingkungan?

2. Bagaimana supaya bahan alami dari alam dapat dimanfaatkan dan dapat dayaguna baik nilai seni maupun daya jual.sehingga dapat menumbuhkan jiwa enterpeneur pada murid.

 

Ambil Pelajaran

1.      Adanya pemanfaatan bahan alami dari lingkungan alam bisa memberikan damapak yang baik

2.      Tersedia lahan dan hasil alam yang dapat dimanfaatkan.

3.      Banyak jenis tanaman yang dapat dibudidayakan.

 

Gali mimpi

1.      Murid lebih peduli terhadap lingkungan

2.      Murid menjadikan lebih kreatif dan inovatif.

Jabarkan Rencana

1.      Merencanakan program kegiatan

2.      Berkoordinasi dengan kepala sekolah

3.      Mensosialisasikan kepada rekan sejawat, murid, komite  dan wali murid

4.      Membentuk panitia

5.      Melaksanakan program sesuai agenda

6.      Melakukan MELR (monitoring, evalauasi, learning dan reporting)

Atur Eksekusi

1.      Kepala sekolah sebagai penanggung jawab kegiatan

2.      Dewan guru selaku pengawas kegiatan

3.      Ketua kelas selaku penanggung jawab kegiatan pada kelas masing masing

4.      Diadakan kegiatan gelar hasil karya (pameran) dilingkungan sekolah.

Tahapan Komponen 4F

A.    PERISTIWA (FACT)

Peduli terhadap lingkungan merupakan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, untuk mengatasi permasalahan lingkungan hidup. Menanamkan kesadaran dan kepedulian lingkungan sebagai dasar manusia dalam berfikir dan bertindak. Peduli li ngkungan merupakan salah satu nilai karakter yang diharapkan terbentuk dari siswa dalam proses pendidikan untuk mengembangkan ketrampilan sikap serta motivasi manusia untuk mengerti serta memahami saling mengahargai, berhubungan antar sesama dan dengan lingkungannya. Sebab Lingkungan banyak memebri manfaat bagi sekitarnya apabila sumber daya manusia dapat memanfaatkan lingkungan alamdengan baik dan bijaksana, tentunya diiringi dengan pengetahuan dan ketrampilan yang memadai dan sikap untuk terus mencintai lingkungan dengan penuh rasa tanggung jawab.

Yang dilakukan pada aksi nyata berikut alasan mengapa melaksanakan aksi nyata?

Aksi nyata pengelolaan program yang berdampak pada murid di maksudkan untuk mewujudkan  kepemimpinan murid, program ini di lakukan dengan harapan siswa siswi bisa menumbuhkan sikap Kreatif, inovatif, jujur, bertanggung jawab, dalam dirinya, berani tampil dan mengekspresikan dirinya dan menghargai seni dan budaya  dan bisa mengembangkan potensi atau bakat yang di milikinya.

  • Hasil Aksi Nyata yang di lakukan

Dengan terlaksananya program ini ,  maka program ini pada dasarnya di rancang untuk menjadi wadah berkreativitas dan berinovasi bagi siswa siswi menumbuhkan keberanian untuk tampil  dan juga mengedukasi siswa akan penitingnya Sikap kepedulian terhadap lingkungan. Siswa-siswi perlu di perkenalkan betapa pentingnya kegiatan literasi yang dilakukan sehingga sebagai generasi muda penerus bangsa akan selalu menjunjung budaya yang mampu melestarikan budaya membaca. Di perlukan sebuah pembiasaan yang menjadi sebuah budaya. Dengan pelaksanan kegiatan  yang rutin dan berkelajutan dari program ini maka dampak pada murid dalam hal meningkatkan minat dan bakat serta jiwa kepemimpinan dan juga kepedulian akan akan membuahkan hasil.

B.PERASAAN (FEELING)

Perasaan saat program ini terlaksana perasaan bahagia dan juga optimis dengan pencapaian program dengan pencapaian program yang sudah berjalan, terlaksananya program ini tidak terlepas dari kolaborasi semua pemangku kepentingan terutama siswa yang sangat antusias terlibat dalam program ini ,guru piket dan wali kelas yang mengkoordinir kegiatan. Saya pun bertambah antusias terlibat dalam program KOKEDAMA ini baik dari murid dan seluruh pemangku kepentingan di sekolah. Dengan respon yang baik dari warga sekolah terutama murid membuat saya ingin terus terlibat

 C.PEMBELAJARAN ( FINDING) YANG DI DAPAT DARI PELAKSANAAN AKSI NYATA.

Pembelajaran yang di dapatkan dari aksi nyata adalah terwujudnya kepemimpinan murid dalam Kepedulian terhadap lingkungan untuk peningkatan minat bakat serta jiwa kepemimpinan, terwujudnya  karakter siswa yang memiliki pengetahuan dari sumber – sumber informasi yang diperoleh dan menjadi siswa yang berani tampil dan mengekspresikan bakat, minat serta kreativitas maupun potensinya pada akhirnya besar harapan saya bahwa program ini akan bisa mewujudkan profil  pelajar pancasila.

D. PENERPAN KEDEPAN (FUTURE) RENCANA PERBAIKAN UNTUK PELKASANAAN DI MASA DEPAN

Recana perbaikan ke depan yaitu  lebih mengaktifkan kembali kegiatan intrakurikuler di lingkungan sekolah untuk memberikan bimbingan dan menjadi wadah pengembangan minat dan bakat serta kreativitas anak selain itu kedepannya perlu pemberian apresiasi berupa reward kepada siswa yang memiliki prestasi akademik sebagai bentuk dukungan untuk menambah semangat anak menampilkan kreatifitas dalam wujud Hsil karya.  Selain itu perlu peningkatan kolaborasi guru ,siswa dalam hal kegiatan Program KOKEDAMA ini siswa butuh pendampingan dan bimbingan dari guru  dan wali kelas pada saat melakukan kegiatan agar program dapat berjalan sesuai apa yang kita inginkan.

Dokumentasi









 

Comments

Popular posts from this blog

Tugas Modul 3.1.a.6 Refleksi Terbimbing Pengambilan Keputusan

Motivator yang Menginspirasi