Motivator yang Menginspirasi

 

Judul               : Motivator yang Menginspirasi

Penulis             : Minawati

Pertemuan       : ke-2(KBMN 29)

Hari/tanggal    : Rabu,/21 Juni 2023

Pukul               :19.00 – 21.00wib

Materi              : Writing is My Passion

Pemateri          : Sri Sugiastuti,M.Pd

Moderator       : Sigid PN,SH

 

Pada kesempatan ini saya sangat bahagia sekali,karena dipertemukan dengan seorang nara-sumber yang sangat luar biasa, seorang pendidik, sekaligus seorang penulis dengan berbagai hasil karya yang luar biasa, Beliau bernama Sri Sugiastuti, lahir di Semarang, 8 April 1961. Beliau lulus SMA tahun 1980. Kuliah di UNS, lanjut S-2 di UMS dan lulus tahun 2010. Beliau sempat mengajar di Jakarta hingga 1990. Namun, cinta dan tanggung jawab beliau terhadap keluarga membawanya hijrah ke Solo.

            Sejak 2 Juli 2018, beliau mendapat amanah sebagai Kepala SMK Tunas Pembangunan 2 Surakarta. Beliau aktif di berbagai komunitas literasi, telah menghasilkan 51 karya bukuSolo dan seratus lebih buku Antologi. Ia sering diminta untuk menjadi juri dalam lomba pembacaan puisi, pantun, cerita rakyat, ataupun esai yang digelar Perpusda Sragen, Sukoharjo, dan Solo. Selain itu, beliau juga aktif dalam organisasi PGRI

Buku yang diterbitkian oleh Penerbit mayor membuatnya bersemangat berbagi ilmu yang dimiliki. Buku Seri Pendalaman Materi Bahasa Inggris untuk SMK yang diterbitkan Erlangga membuat kecintaannya terhadap dunia menulis semakin membara, Buku terbarunya bersama Prof Eko Indrajit yang berjudul “ Cerdas Berkarakter Menyongsong Generasi Emas Tahun 2045” didedikasikan untuk Guru dan generasi penerus.

Setiap tahun selalu terbit 3-5 buku solo untuk memperkaya khasanah dunia literasi di Indonesia. Ia juga sering berbagi ilmu kepenulisan baik secara luring maupun daring. Ia punya branding Writing is My Passion. Founder PMA Literasi Istikamah dan mendapat gelart sebagai Ratu Antologi versi Pegiat Literasi Nusantara khususnya di kelas Belajar Menulis Nusantara bersama Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd dan Tim Solidnya.

Dari biodatanya saja kita sudah dapat melihat begitu berkompetennya beliau didunia literasi,bahwa untuk menulis tidaklah semudah yang dibayangkan namun beliau mampu merubah image itu yang dibuktikan dengan melahirkan berbagai jenis buku dari berbagai genre. Dan tentunya dilakukan dengan penuh kesabaran dan keihklasan dalam kegiatan menulisnya.

Pada penyampaian materi kali ini saya sangat tertarik dengan pertanyaan yang sesuai dengan tema kali ini yaitu dari Bu Fifi -Padang “Bagaimana cara menjadikan menulis sebagai passion, dengan kemampuan menulis yang masih rendah?” lalu Bunda menjawab “ Mengukur kemampuan seseorang rendah atau tidak adalah orang lain,yang penting jangan rendah diri,menulis saja jangan selalu sering diedit, tetapi jika selesai menulis,disiapkan dulu, besoknya dibaca lagi dan diperbaiki.,nah, kalau hal itu dilakukan secara terus menerus, dan diimbangi banyak membaca in  syaa allah itu akan terbangun atau memiliki hobby menulis, akan bergairah dan akan bermunculan banyak ide-ide yang gentayangan di alam bawah sadar kita, dan itu harus dibangun terlebih dahulu dengan membuat kerangka-kerangkanya dari satu tema atau bisa juga digunakan dengan menggunakan mind mapping, misalnya jika melihat satu tas yang dibuat dari rajutan, bisa dikembangkan lagi tas itu gunanya untuk apa saya dapatnya dari mana mengapa tas itu harus dipaka, terus dikembangkan, untuk memperbanyak kosa kata kita bisa melihatnya dikamus online, kamus sinonim, kamus antonim, jadi jangan lelah untuk terus mengekplor dan terus mengupgrade diri untuk terus menulis…menulis… dan menulis yang nanti akan menjadi satu kebiasaan yang baik”.

Dan yang sangat membuat saya terkesan lagi adalah ketika Bunda menjawab pertanyaan saya dengan sempurna dan saya merasa puas sekali “ Bagaimana cara memanage waktu yang baik untuk Bunda menulis?” langsung melalui voice note Bunda menjawab”Untuk bisa menulis atau kiat memanage waktu yaitu saya suka ngemil, kadang saya mengambil waktu dipagi hari, kadangjuga sambil menunggu sesuatu ketikasudah ada targetkita harus memanage kapan target itu harus tercapai, kira kira cukup dua -tiga jam, dan memanage tidak harus dudk didepan laptop, bisa sambil ngobrol, sambil menunggu sesuatu, itu menulisnya di cicil dulu asal sudah ada kerangkanya,nanti lanjut satu, dua paragraph nanti digabung dan simpan diblog, dan apabila  sudah mau dijadikan buku, tinggal di poles lagi dan diperbaiki lagi”. Dari jawaban ini saya merasakan gairah menulis saya bangkit dan merasa termotivasi kembali untuk melanjutkan keinginan saya sebagai penulis.


Comments

Popular posts from this blog

Tugas Modul 3.1.a.6 Refleksi Terbimbing Pengambilan Keputusan