Semua Kita Memilki Potensi Diri

 


Penulis : Minawati

Judul   : Semua Kita Memilki  Potensi Diri

Resume ke : 4

Tanggal : 26 Juni 2023

Tema : Gali Potensi Ukir Prestasi

Narasumber : Aam Nurhasanah, S.Pd

Moderator : Mutmainah, M.Pd

 

Pada malam hari ini 26 Juni 2023, sebagai sorang penulis pemula  saya bersyukur sekali karena Allah telah memberi kesempatan mempertemukan lagi dengan orang orang hebat dalam bidang kepenulisan,, artinya saya dapat menambah wawasan literasi serta motivasi juga memberi semangat dalam mengembangkan potensi diri, yang sangat sesuai sekali dengan tema“Gali Potensi Ukir Prestasi” pada Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI pada kesempatan ini.

 

Adapun sosok  hebat pada kesempatan ini adalah Aam Nurhasanah  merupakan salah satu blogger di kompas.com. Dari laman profilnya tampak bahwa ia telah membuat 107 (seratus tujuh) artikel, yang sudah dilihat sebanyak 18,105 (delapan belas ribu seratus lima) kali. 

Dari  biografinya Ibu Aam Nurhasanah,,S.Pd.  bahwa beliau Lahir di Cipanas, tanggal 12 Agustus 1988. Menempuh masa pendidikan di SD  Negeri Bintangresmi 02, SMP Negeri 1 Cipanas, SMA Negeri 1 Cipanas, Kuliah S1 di STKIP SETIA BUDHI Rangkasbitung, Prodi DIKSATRASIADA dan lulus tahun 2013. Lalu pada tahun 2011 sudah mengabdikan diri di Ponpes Modern  SMP-SMKS MATHLA UL HIDAYAH CIPANAS (MAHIDA), Lebak-Banten. Aktif di MKKS Wilbi III, MGMP Bahasa Indonesia Wilbi III dan sampai sekarang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Berdasarkan  pengalaman yang disampaikan ibu Aam Nurhasanah,S.Pd  bahwa banyak para penulis di KBMN yang mulai dari nol besar pada akhirnya bisa melahirkan puluhan buku. Semuanya butuh proses dan tidak instan. Contohnya Saya adalah contoh peserta gagal BM 8 yang kembali mengulang kelas di BM 12. Namun, hal itu tak menyurutkan semangat untuk belajar dan terus berproses hingga akhirnya fokus dan lulus, berdasarkan .kutipan materi yang beliau berikan

    Beliau memiliki Hobbi menulis. Hobbi ini juga merupakan  sebuah kebiasaan baru dan rutinitas setiap hari. Dengan adanya  grup menulis ia sangat suka sekali menulis di  blog. Grup ini dibuat oleh Om jay dan telah sukses menularkan virus ngeblog sampai melahirkan buku antologi berjudul ”SEMANGAT MENULIS BERSAMA BU KANJENG” Juli 2020, buku solo saya yang  berjudul “MENGUKIR MIMPI JADI PENULIS HEBAT”   terbit bersamaan dengan buku antologi “KISAH INSPIRATIF SANG GURU” Oktober 2020. Semakin semangat saat mengikuti kelas AISEI. Peserta ditantang menulis setiap hari dengan menggunakan sebuah foto dan menuliskannya minimal 100 kata setiap hari.

    Sungguh luar biasa semangat dan motivasinya, sebagai seorang penulis, ibu Aam benar benar merasa tertantang dirinya sendiri untuk lebih mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya sebagai seorang penulis.ini dibuktikan dengan mulai mengikuti lomba menulis diblog, hingga dapat meraih juara satu, selanjutnya mengikuti lagi tantangan untuk menulis buku satu minggu, hingga membawa tulisannya tersebut berjejer dirak-rak toko buku terkemuka hingga memberi peluang bagi dirinya sendiri untuk mencoba berbagai hal sampai menjadi seorang kurator  dan editor.

Berdasarkan kisah dari ibu Aam dapat diambil kesimpulan bahwa setiap kita harus yakin dan percaya bahwa semua memilki potensi dalam diri masing-masing bahkan ketika dikembangkn dapat melejitkan semua asa.

    Sosok ibu Aam adalah seseorang yang patut diteladani, dimana jangan hidup dengan keraguan akan potensinya, akan tetapi potensi itu sebaiknya digali sampai potensi tersebut benar-benar muncul, sebab tidak mungkin jika tidak ada potensi pada diri seorang manusia,sedangkan Allah memberinya anugerah yang luar biasa. Untuk mengatasi hal tersebut, hal yang butuhkan seseorang untuk dap[at melejitkan kemampuannya adalah dengan memanfaatkan waktu dan kesempatan untuk dapat menggali potensi yang dimilkinya sehingga dapat mewujudkan sesuai keinginannya.

Yakin dan percayalah bahwa potensi yang ada pada diri kita tanpa batas,karena dengan mengasah potensi yang dimiliki kita pasti bisa, kini saatnya kita raih kesempatan yang ada dengan merealisasikanya menjadi suatu perubahan yang luar biasa  dahsyatnya.


Comments

Popular posts from this blog

Tugas Modul 3.1.a.6 Refleksi Terbimbing Pengambilan Keputusan

Motivator yang Menginspirasi